Panas Dingin Hubungan Gus Dur-Habib Rizieq, Ejekan Buta Mata Buta Hati Dibalas Sebutan Teroris Lokal

News  
HRS dan Gus Dur. Mantan ketua FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) memiliki hubungan
HRS dan Gus Dur. Mantan ketua FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) memiliki hubungan "istimewa" dengan Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Mantan ketua umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) memiliki hubungan yang "istimewa" dengan almarhum Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Sejak tahun 2000 Gus Dur ingin membubarkan FPI, sementara HRS merespon dengan keras yang akan bubar adalah Gus Dur bukan FPI.

Habib Rizieq contohnya pernah mengejek Gus Dur dengan sebutan "Buta Mata Buta Hati". Sementara Gus Dur sering menyematkan julukan "Teroris Lokal" untuk Habib Rizieq.

BACA JUGA: Ustadz Khalid Basalamah: Tak Ada Syariat Rayakan Nuzulul Quran, Alquran Turun pada Lailatul Qadar

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meski begitu, Gus Dur menanggapi panas dingin hubungannya dengan HRS dengan guyonan. Suatu waktu di salah satu mimbar acara, Gus Dur bercerita jika hanya di Idnonesia seorang imam ingin menangkap dai, sementara dai ingin menangkap habib.

“Di dunia mana, ada seorang imam ingin nangkap dai. Dainya ingin nangkap habib? Jawabnya di Indonesia. Loh kok di Indonesia?”

BACA JUGA: Humor: Soekarno Otak Kanan Besar, Habibie Otak Kiri Besar, Gus Dur Sama Besar Tapi Suka Gak Nyambung

“Ya di Indonesia, karena imam-nya Imam Samudra (teroris itu). Dai-nya, Dai Bachtiar (mantan Kapolri itu. Habib-nya, Habib Rizieq. Mana ada humor begini kecuali di Indonesia,” kata Gus Dur menjelaskan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image