Apa Kira-Kira Pendapat Gus Dur Soal LGBT

Sejarah  
Gus Dur. Dorce Gamalama pernah dibela Gus Dur saat diserang soal status pergantian kelamin. Foto: IST.
Gus Dur. Dorce Gamalama pernah dibela Gus Dur saat diserang soal status pergantian kelamin. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Persoalan LGBT kembali menjadi pembicaraan panas menyusul kehadiran pasangan gay, sekaligus artis TikTok, Ragil Mahardika dan Frederik Vollert datang ke podcast Deddy Corbuzier. Bicara soal LGBT, hubungan cinta sejenis, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur punya cerita dengan seniman serba bisa Dorce Gamalama.

Seperti diketahui, sepanjang hidupnya, almarhum Dorce selalu dibayangi tentang status gendernya karena pernah melakukan operasi ganti kelamin dari pria ke perempuan. Bahkan, Dorce pernah dihantam isu LGBT karena hendak menikah dengan seorang pria.

BACA JUGA: Deddy Corbuzier Undang Pasangan Gay, Gus Baha Tegaskan LGBT Haram, Tapi...

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, suatu waktu Dorce pernah bertanya kepada Gus Dur terkait status perempuannya. Dalam buku "Gus! Sketsa Seorang Guru Bangsa (2017: 71)", Dorce menjelaskan Gus Dur merupakan satu dari dua kiai bijak yang melindungi dirinya, yang tanpa ragu ia curhati selain Gus Miek (KH Hamim Djazuli, Ploso, Kediri). Menurut Dorce, Gus Dur dan Gus Miek bukan tipe ulama yang mengafir-sesatkan siapa yang datang kepadanya.

“Kalau saya mengadu suatu masalah pun, mereka tidak langsung menindak dan mengecap saya dengan tuduhan macam-macam. Keduanya mencarikan dasar yang jelas atas masalah yang saya hadapi,” kata Dorce.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image