Di Mana Allah? Begitu Dekat, Ada di Mana Saja, atau Bersemayam di Langit (Arsy)?

Ramadhan  
Muslim berdiam diri di masjid. Tidak sedikit umat Islam yang memiliki pertanyaan tentang di manakah keberadaan Allah. Foto: Republika.
Muslim berdiam diri di masjid. Tidak sedikit umat Islam yang memiliki pertanyaan tentang di manakah keberadaan Allah. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Tidak jarang ada umat Islam yang bertanya tentang keberadaan Allah. Di manakah Allah, apakah begitu dekat, ada di mana saja, atau bersemayam di langit? Untuk mendapatkan jawabannya, mari Sedulur simak penjelasannya seperti dinukil dari situs resmi Muhammadiyah.or.id.

Dalam Alquran, ayat-ayat yang menyebutkan Allah bersemayam di atas ‘Arsy diulang sebanyak 8 kali. Rinciannya adalah ada di Surah Yunus (10): 3, ar-Ra’d (13):2, Thaha (20):5, al-Furqan (25):59, al-Qasas (28):14, as-Sajdah (32): 4, Fushilat (41): 11, an-Najm (53): 6 dan al-Hadid (57): 4. Adapun ayat-ayat yang menunjukkan Allah adalah dekat disebutkan dalam Alquran sebanyak 5 kali, yakni di Qaf (50): 16, al-Baqarah (2): 186, Hud (11): 61, Saba’ (34): 50 dan al-Waqi’ah (56): 85.

BACA JUGA: Bacaan Dzikir Pagi Pembuka Pintu Rezeki dan Keberkahan dari Allah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika dilihat secara sepintas, seakan-akan ayat-ayat tersebut bertentangan antara ayat yang menyatakan Allah adalah jauh (di langit), dan ayat yang menyatakan Allah adalah dekat. Sebenarnya ayat-ayat tersebut tidaklah bertentangan, sebab dapat dikompromikan antara satu ayat dengan ayat lainnya.

'Arsy, para ahli bahasa mengartikan ‘Arsy sebagai singgasana, bangunan, istana atau tahta. Kata tersebut berasal dari ‘arasya – ya’rusyu, yang berarti membangun.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Bilang Semua Milik Allah, Santri Tanpa Izin Sembelih Kambing Kiai

Para ulama berbeda pendapat mengenai makna ‘Arsy; Rasyid Ridha dalam tafsirnya menjelaskan ‘Arsy adalah pusat pengendalian segala persoalan semua makhluk Allah subhanahu wa ta’ala di alam semesta. Gambaran fisik ‘Arsy, merupakan hal gaib yang tiada seorang pun dapat mengetahuinya, kecuali Allah, di mana letaknya dan berapa besarnya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image