Berapa Berat Emas Monas, Apakah Jika Dijual Bisa Buat Bayar Utang Negara?

Sejarah  
Emas Monas. Berat total emas di Monas mencapai 72 kilogram. Foto: Republika.
Emas Monas. Berat total emas di Monas mencapai 72 kilogram. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Lidah api di atas Monumen Nasional (Monas) terlihat begitu besar. Warna kuning emas membuat lidah api semakin berkilau jika diterpa sinar matahari. Tapi, tahukah Sedulur, berapa berat emas yang ada di Monas? Bisakah jika emas tersebut dijual untuk membayar utang negara kita?

Pengelola Monas lewat akun instagram resminya @monumen.nasional menjelaskan jika berat total emas keseluruhan di Monas adalah 72 kilogram. Rinciannya adalah 50 kilogram di lidah api, dan 22 kilogram lainnya berada di Ruang Kemerdekaan.

BACA JUGA: Legenda Bang Pi'ie, Jagoan yang Sekali Pukul Bikin Penjahat Mati

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebanyak 22 kilogram emas itu tersebar di beberapa titik Ruang Kemerdekaan, antara lain di pintu gapura kemerdekaan, lambang burung Garuda Pancasila, dan kepulauan Indonesia yang dilapisi emas asli.

Bagi wisatawan yang pergi ke Monas, ruang yang berbentuk persegi ini dikelilingi amphitheater dengan 4 simbol kemerdekaan Bangsa Indonesia ini wajib dikunjungi. Wisatawan juga bisa mendengarkan suara asli Bung Karno membacakan teks proklamasi dan melihat salinan naskah Proklamasi Kemerdekaan 1945 yang disimpan di Ruang Kemerdekaan pada kotak kaca di dalam pintu Gerbang Kemerdekaan yang berhiaskan bunga wijaya kusuma. Di Ruang kemerdekaan Monas juga terdapat dinding dengan lambang Garuda Pancasila dan peta kepulauan NKRI yang berlapis emas serta vitrin penyimpanan bendera pusaka.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Demokrasi Indonesia Seperti Kereta Jakarta-Surabaya, Tapi Kita Baru Sampai Bekasi


PENYUMBANG EMAS MONAS

Muhammad Teuku Markam, orang Aceh yang disebut-sebut sebagai orang dermawan yang menyumbangkan emas hingga 28 kilogram untuk Monas. Emas itu diberikan Markam kepada Soekarno ketika masa pembangunan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image