Jakarta Gempa, Pusatnya Ada di Banten

News  
Gempa bumi mengguncang Banten berkekuatan 6,7 Magnitudo. Guncangan gempa sampai ke beberapa wilayah di Jakarta. Foto: Tangkapan Layar
Gempa bumi mengguncang Banten berkekuatan 6,7 Magnitudo. Guncangan gempa sampai ke beberapa wilayah di Jakarta. Foto: Tangkapan Layar

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Warga Jakarta dikejutkan dengan guncangan gempa yang cukup kuat pada Kamis (14/1/2022). Guncangan itu diketahui berasal dari gempa bumi yang melanda Banten berkekuatan 6.7 Magnitudo pada pukul 16:05:41 WIB.

BMKG melaporkan, gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di Koordinat: 7.01 LS-105.26 BT (52 km barat daya Sumur, Banten). Guncangan gempa yang sampai ke Jakarta karena hanya berjarak 197 kilometer barat daya Jakarta, atau 71 km Barat Daya Muarabinuangeun-Banten, 95 km barat daya Labuan-Banten, 141 km barat daya Serang-Banten.

"Tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya. Meski begitu, BMKG memperingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan gempa susulan yang mungkin terjadi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gempa juga terasa di sekitar wilayah Jakarta, seperti Depok, Tangerang, dan Bogor. Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Subekti mengaku merasa seperti diombang-ambing ketika merasakan guncangan gempa. "Lagi tiduran, terasa kayak digoyang-goyang," kata Subekti yang langsung ke luar kamarnya.

Ia mengatakan lampu gantung di rumahnya juga bergoyang. "Di lantai dua, anak saya juga merasakan gempa cukup kuat," ujar dia.

Sementara warga Tigaraksa, Banten, Laeyni mengatakan gempa membuat kaca rumahnya bergetar. Ia merasa seperti diayun-ayun seperti orang mabuk laut.

"Udah mau kabur tadi. Jaga-jaga plafon ambruk. Horor," kata Laeyni.

Laeyni mengaku takut terjadi gempa susulan episentrum karena jaraknya hanya 50 kilometer.

TONTON VIDEONYA DI SINI

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image