Alasan Warga Tionghoa Hindari Angpao Berisi Uang Bernominal Angka 4

Budaya  
Angpao menjadi tradisi yang dinanti pada perayaan Imlek.
Angpao menjadi tradisi yang dinanti pada perayaan Imlek.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Apa artinya Imlek tanpa Angpao. Selain merasakan jamuan makanan, menyalakan kembang api, hingga pertunjukan barongsai, angpao yang merupakan mplop merah berisi uang ini menjadi salah satu tradisi yang dinanti-nanti pada perayaan Imlek.

Angpao yang berarti hong bao atau amplop merah yang diberikan sebagai hadiah dalam berbentuk uang, biasaya diberikan di acara pertemuan keluarga, acara wisuda, pernikahan, hingga Tahun Baru Imlek. Namun bukan sembarangan orang bisa menerima angpao.

BACA JUGA: Imlek di Era Kolonial, Sukarno, Hingga Pelarangan di era Soeharto

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hadiah ini diberikan kepada anak-anak, orang tua yang sudah tidak bekerja, dan orang yang belum menikah (meski dia sudah bekerja). Angpao diberikan dengan harapan agar selalu dilimpahkan keberuntungan bagi pemberi dan penerima.

Orang yang memberikan angpao biasanya akan mengucapkan, “Gong Xi Fa Cai! Ang Pao Na Lai”. Gong Xi Fa Cai memiliki arti "selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran", sedangkan Angpao Na Lai memiliki arti "berikan saya amplop merah”.

BACA JUGA: Kue Keranjang Simbol Kerukunan dan Persatuan

Warna merah angpao menjadi simbol kemakmuran, kekayaan dan keberuntungan. Biasanya orang China menghindari memberikan uang dalam angpao bernominal "4". Alasannya, angka 4 dalam bahasa Mandarin terdengar mirip dengan arti “kematian” sehingga dipercaya mendatangkan sial. Disarankan angpao dimulai atau berakhir dengan angka 8 karena angka tersebut dianggap menguntungkan.

Berita Terkait

Image

10 Makanan Imlek Pembawa Keberuntungan (Bagian 1)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image