Apa Kira-Kira Jawaban Gus Dur Soal Isu Wayang Haram?

Sejarah  
Gus Dur menyebut ada banyak hal yang bisa diambil dari cerita lakon pewayangan. Foto: Reuters. 
Gus Dur menyebut ada banyak hal yang bisa diambil dari cerita lakon pewayangan. Foto: Reuters.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur gemar menonton wayang kulit. Bagi Gus Dur yang sudah menggemari menonton wayang kulit sejak anak-anak itu, banyak hal yang bisa dipetik dari cerita wayang kulit.

Menurutnya, ada banyak hal yang bisa dipetik dari cerita lakon pewayangan itu. Dari cerita lakon pewayangan yang bisa diambil hikmahnya, kata Gus Dur, seperti pertempuran dan permusuhan keluarga Pandawa dan Kurawa. Gus Dur berkata orang Indonesia dalam kondisi yang salah kaprah karena menyukai hal-hal yang terlihat daripada apa yang ada di dalamnya. Padahal masalah seperti itu malah sering menimbulkan banyak kesulitan.

"Contohnya di birokrasi kita, semua serba birokratis. Ini akan menyulitkan kita sendiri," kata Gus Dur saat menyaksikan pertunjukkan wayang kulit dengan Ki Timbul Cermomanggolo berlakin "Semar Gugat", di Yogyakarta, Selasa, 4 Juli 2006.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gus Dur menyebut, karena serba birokratis masalah korupsi di Indonesia juga semakin sulit diberantas, lantaran lembaga-lembaga dalam birokrasi semakin kuat. "Itu yang terjadi sekarang ini," ujar Gus Dur seolah tahu apa yang akan terjadi pada medio 2020-an.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image