Sinau

Presiden Putin Ulang Tahun, Presiden SBY Nyanyikan Lagu Happy Birthday

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di tengah invasi Rusia ke Ukraina, video ketika Presiden SBY menyanyikan lagu
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di tengah invasi Rusia ke Ukraina, video ketika Presiden SBY menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuk Presiden Putin kembali beredar di media sosial. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketegangan antara Rusia dan Ukraina menyeret nama Indonesia. Hal tersebut setelah Pemerintah Ukraina melalui surat yang dikeluarkan Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta meminta dukungan dari pemerintah dan rakyat Indonesia dalam melawan Rusia.

"Bangsa Indonesia! Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis," kata pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedubes Ukraina seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/3/2022).

"Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami," kata pernyataan itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Lap Gelas Pakai Celana Dalam, Aduk Kopi Pakai Sikat Gigi

Terlepas dari konflik Rusia-Ukraina saat ini, Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan kedua negara. Apalagi kedua negara Eropa Timur tersebut merupakan mitra dagang Indonesia. Keakraban Indonesia dengan Rusia terlihat pada beberapa tahun lalu ketika di sela-sela acara APEC 2013, Presiden Rusia Vladimir Putin berulang tahun.

Sejumlah pemimpin dunia yang hadir bersalaman dengan Putin dan mengucapkan selamat. Namun, hal sedikit berbeda dilakukan Presiden SBY. Presiden keenam RI itu memilih bermain gitar dan bernyanyi "Happy Birthday" untuk Putin.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ziarah ke Orang Mati Lebih Baik karena Gak Mungkin Nipu

Ketika gitar mulai dimainkan, tak hanya SBY yang bernyanyi, sejumlah pemimpin dunia dan orang yang hadir dalam ruangan itu juga ikut menyanyikan lagu "Happy Birthday". Setelah selesai, Putin menghampiri SBY dan keduanya bersalaman lalu berpelukan.

Video beberapa tahun lalu itu diunggah kembali ke halaman Instagram politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. "Video lama bbrp tahun lalu. Pak SBY main gitar karena pak Putin pas Ulangtahun, didepan dan bersama banyak pemimpin dunia lainnya. Akrab semua dan hangat. Pak Xi Jinping di video ini masih terlihat sangat muda," tulis Jasen.

"Dlm konflik Rusia Ukraina ini semoga para pemimpin ini, apalagi khususnya yg sekarang masih jadi pemimpin di negaranya masing2, segera menemukan titik temu utk kebaikan dunia kita."

BACA JUGA:
Sujiwo Tejo: Yang Belain Wayang Mungkin Hanya Ingin Gaduh

Humor Gus Dur: Bikin Heboh Indonesia Mengaku Keturunan China Bermarga Tan di Singapura
Sujiwo Tejo: Wayang Diharamkan ya Monggo, Toh Sudah Sejak Zaman Sunan Giri

TONTON VIDEONYA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan