Legenda

Cerita di Balik Dikeramatkannya Makam Habib Husin Alaydrus di Masjid Luar Batang

Makam Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus di Masjid Luar Batang. Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus adalah ulama dari Hadramaut yang menetap di Batavia untuk berdakwah. Foto: Republika.
Makam Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus di Masjid Luar Batang. Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus adalah ulama dari Hadramaut yang menetap di Batavia untuk berdakwah. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Jakarta memiliki sejumlah makam yang dikeramatkan. Biasanya makam yang dikeramatkan adalah makam seorang ulama atau pahlawan. Makam Habib Husin bin Abu Bakar Alaydrus di Masjid Luar Batang adalah satu dari sekian banyak makam yang dikeramatkan karena banyak peziarah yang berburu karomah Habib Husin.

Tidak dipungkiri, banyak masyarakat yang masih mengkeramatkan makam karena dianggap memiliki kelebihan berupa kesaktian. Sehingga makam-makam tersebut banyak diziarahi orang. Tujuannya pun macam-macam, cepat dapat jodoh, murah rezeki, sampai mendapatkan keturunan. Para peziarah yang datang ke di Makam Habib Husin pun tidak hanya warga Jakarta, ada yang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan dari Madura.

BACA JUGA: Gus Baha: Semua Umat Rasulullah yang Penting tidak Maksiat Tetap Dapat Lailatul Qadar

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Makam Habib Husin yang meninggal tahun 1756 Masehi awalnya berada di samping masjid. Namun karena perluasan saat ini makam Habib Husin berada di bagian dalam masjid.

Pertanyaannya, mengapa makam tersebut sampai dikeramatkan banyak orang?

Dikeramatkannya makam tersebut memang bukan tanpa sebab. Habib Husin yang merupakan ulama asal Hadralmaut, Semenanjung Arab datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam. Ketika berlayar dari Hadramaut, ia sempat bermukim di Gujarat, India. Karena alasan inilah mengapa agama Islam di Indonesia disebut dibawa oleh ulama dari Gujarat, bukan dari Semenajung Arab.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Deheman Kiai Bikin Santri yang Ketahuan Mencuri Ikan Nyaris Ngompol

Saat tiba di Nusantara, Habib Husin mendirikan pemukiman di Luar Batang dan mulai berdakwah. Namun, kegiatan dakwah Habib Husin membuat VOC gerah. Sebab saat itu VOC datang tidak hanya menjajah dan mengeruk kekayaan alam Indonesia, melainkan menyebarkan agama mereka, Kristen.

Pusat pemerintahan VOC yang saat itu ada di Benteng Batavia, sekarang di Jalan Tongkol, membuat VOC putar otak. Mereka pun mencari cara menghentikan dakwah Habib Husin.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Biarkan Pendemo Lempari Rumah Soeharto, Paling Kacanya Pecah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan