Humor

Humor Ustadz: Rasul Menyuruh Kita Menyantuni Anak Yatim, Rasul Menyuruh Kita Menikahi Mama Yatim

Ustadz Arifin Ilham. Dalam satu ceramah, Ustadz Arifin Ilham Allahyarham mencandai Ustadz Yusuf Mansur soal jumlah istri. Foto: Republika.
Ustadz Arifin Ilham. Dalam satu ceramah, Ustadz Arifin Ilham Allahyarham mencandai Ustadz Yusuf Mansur soal jumlah istri. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ustadz Arifin Ilham Allahyarham dikenal sebagai ulama yang senang bercanda. Bahkan Ustadz Arifin tidak segan melontarkan guyonan kepada sahabat-sahabatnya di depan umum. Satu guyonan yang sering dilakukan Ustadz Arifin adalah tentang poligami yang kerap dilontarkan kepada para sahabatnya, terutama para ulama, yang masih memiliki istri satu.

Di dalam satu kesempatan, Ustadz Arifin Ilham yang memang menjalankan syariat poligami, satu panggung dengan Ustadz Amir Faisal dan Ustadz Yusuf Mansur (UYM). Di atas panggung sembari berceramah, Ustadz Arifin mencandai UYM tentang jumlah istri.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ke Bioskop Disalami Semua Penonton, Salaman Belum Rampung Film Sudah Selesai

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Awalnya, Ustadz Arifin menjelaskan soal sedekah dapat menolak bala. "Di Majelis (Az-Zikra) sudah ada 547 mualaf. Alhamdulillah, Arifin paling senang tanya-tanya mengapa orang ini akhirnya masuk Islam, apalagi banyak yang bertaubat. Kenapa orang ini akhirnya bertobat, rata-rata orang yang akhirnya masuk Islam, yang akhirnya bertobat, orang-orang dermawan," kata Ustadz Arifin.

Ustadz Arifin berkata jika orang bakhil alias pelit tidak akan masuk surga walaupun ahli ibadah. "Dusta tuh puasanya, dusta tuh hajinya, dusta tuh sholatnya, kalau dia tidak peduli dengan fakir miskin dan yatim piatu. Rasul menyuruh kita menyantuni anak yatim, Rasul menyuruh kita menikahi mama yatim," kata Ustadz Arifin sembari melirik Ustadz Yusuf Mansur. Guyonan itu pun disambut para jamaah dengan tertawa. Yang dimaksud dengan "mama yatim" oleh Ustadz Arifin adalah perempuan yang sudah berstatus janda, di mana sebagian besar istri Rasulullah adalah janda.

Pernikahan Rasulullah dengan sejumlah janda yang sudah memiliki anak dari suaminya terdahulu adalah untuk menjaga kehormatan perempuan/sahabiyah tersebut. Karena itu banyak sahabat Rasulullah mengikuti sunnah dengan melamar janda yang ditinggal syahid suaminya di medan perang.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Pastor Lega Dikira Gak Jadi Diterkam Harimau, Ternyata Harimaunya Lagi Baca Doa Makan

"Kenapa melihat Ustadz Yusuf Mansur?" tanya Ustadz Arifin kepada jamaah.

"Ini kan persiapan mati ustadz. Ada jamaah yang protes, Ustadz Arifin ini ngomongnya mati, mati, hidup sebentar, tapi kok kawin lagi. Arifin jawab justru karena sebentar kawin lagi. Udah sebentar kok bini satu, Astaghfirullah," kata Ustadz Arifin yang saat itu memiliki dua istri.

BACA JUGA: Mengapa Jumlah Kiai di Muhammadiyah Terus Turun?

"Sayang hafal Quran harus ada banyak generasi yang hafal Quran. Sebentar lagi mati ustadz. Banyak generasi-generasi yang sholeh, karena berhitungnya bukan sekarang. sekarang mungkin dicaci maki, dihina, digosipin, gak apa-apa lah. Hidup kita bukan karena penilaian manusia kok, manusia mau puji mau hina tidak peduli yang penting itu penilaian Allah, yang penting bininya dua," tutur Ustadz Arifin.

Candaan Ustadz Arifin pun direspon UYM yang sedari tadi tersenyum. "Dia aman nih, biasanya di tengah ada Aa Gym, gw biasanya ada yang belain," kata UYM.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Berita Terkait

Image

Humor Gus Dur: Kuli di Jeddah Berantem Pakai Bahasa Arab, Dikira Jamaah Indonesia Lagi Berdoa

Image

Humor Gus Dur: Kuli di Jeddah Berantem Pakai Bahasa Arab, Dikira Jamaah Indonesia Lagi Berdoa

Image

Humor Gus Dur: Perdana Naik Pesawat, Orang Madura Duduk di Kursi Penumpang Lain, Saya Duduk Duluan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan