Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

Ramadhan  
Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Abdur Rozaq Fachruddin
Ketua Umum PP Muhammadiyah, KH Abdur Rozaq Fachruddin

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Ketua Umum PP Muhammadiyah, Allahyarham KH Abdur Rozaq Fachruddin yang dikenal sebagai Pak AR pernah salah masuk ke acara pengajian. Seharusnya Pak AR mengisi pengajian di masjid Muhammadiyah, tetapi malah masuk ke masjid NU gara-gara nama masjidnya sama: Masjid At-Taqwa.

Peristiwa ini terjadi saat bulan Ramadhan di Ponorogo, Jawa Timur. Saat itu Pak AR diundang mengisi ceramah di pengajian Muhammadiyah. Lokasinya ada di Masjid At-Taqwa milik Muhammadiyah.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun Pak AR salah masuk ke masji berbeda yang memiliki nama sama. Tetapi Masjid At-Taqwa yang dimasuki Pak AR adalah milik NU yang kebetulan saat itu juga sedang mengelar pengajian.

Seperti diceritakan aktivis Muhammadiyah Nurbani Yusuf pada 2019 yang dinukil dari Muhammadiyah.or.id, meski orang Muhammadiyah, Pak AR disambut penuh hormat oleh takmir masjid. Saat warga Muhammadiyah menyusul, beliau meminta waktu mengikuti acara di masjid NU itu sampai selesai.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Anggota DPR Dipanggil Prof, Dikira Profesor Ternyata Provokator

Setelah pengajian selesai, Pak AR yang bersahabat dengan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu ternyata tidak diperkenankan pulang. Beliau dipaksa untuk menjadi imam Sholat Tarawih yang segera disanggupinya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image