Mike Tyson Hajar Pria Mabuk di Pesawat dan Cerita Pertandingan Tinju Internasional di Lapangan Monas

Sejarah  
Petinju asal Amerika Serikat Mike Tyson.
Petinju asal Amerika Serikat Mike Tyson.

CERITA ABAH: Artikel ini adalah warisan berupa tuturan dari sejarawan sekaligus wartawan senior (Almarhum) Alwi Shahab kepada kami dan kami tulis ulang. Selamat Menikmati.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Petinju asal Amerika Serikat Mike Tyson dilaporkan menghajar seorang pria yang sedang mabuk di dalam pesawat. Pria itu dihajar hingga luka-luka karena terus memprovokasinya di atas pesawat. Mendengar Mike Tyson Kurusetra jadi teringat tentang ajang tanding tinju di Monas seperti yang pernah dirawikan Abah Alwi Shahab.

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels (1808-1811), boleh diacungkan jempol dalam membangun bukan saja Batavia, tapi juga Nusantara. Dia lah yang membangun lapangan terbuka seperti terlihat dalam foto tahun 1920-an. Inilah Koningsplein (Lapangan Raja), tapi oleh warga Betawi karena sentimen anti-Belanda menyebutnya Lapangan Gambir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Mendingan Sakit Hati daripada Sakit Gigi, Soalnya Gigi Saya Lagi Nyut-nyutan

Foto yang diabadikan dari Jl Medan Merdeka Utara tempat Istana Merdeka berada, adalah Fromberg Park (Taman Fromberg). Di bagian kanan terlihat tiang-tiang trem listrik yang dikiri kanannya terdapat pepohonan yang sedap dipandang mata. Fromberg Park (Taman Fromberg) hanya salah bagian dari sejumlah taman yang terdapat di lapangan Monas, lapangan terluas dan terbesar di kota-kota besar dunia.

Di bagian kiri paling ujung (tidak terlihat) terdapat Deca Park. Di Deca Park terdapat sebuah bioskop untuk golongan elite Belanda, khusus memutar film-film Hollywood yang diberi teks dalam bahasa Belanda.

Di dekat Deca Park terdapat lapangan bola Hercules yang pemain-pemainnya kebanyakan warga Belanda. Seperti juga di negaranya, di Indonesia orang Belanda menyenangi sepak bola.

BACA JUGA: Mengapa Jumlah Kiai di Muhammadiyah Terus Turun?

Berita Terkait

Image

Kereta Nyebur ke Sawah karena Tubruk Kerbau di Ancol, Ulah Si Manis?

Image

Shalat di Masjid Istiqlal, Mabuk di Restoran Bioskop Capitol

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image