Mitos di Pelabuhan Ratu: Dari Kamar Nyi Roro Kidul Sampai Pantangan Pakai Baju Hijau

Wisata  
Nyi Roro Kidul. Mitos paling kental di Pelabuhan Ratu adalah kehadiran Nyi Roro Kidul. Foto: IST.
Nyi Roro Kidul. Mitos paling kental di Pelabuhan Ratu adalah kehadiran Nyi Roro Kidul. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu destinasi wisata favorit terutama di libur Lebaran. Namun di balik keindahan alamnya, Pelabuhan Ratu menyimpan sejuta mitos yang menyelimutinya, salah satunya adalah Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul.

Nyi Roro Kidul dianggap sebagai ratu penguasa gaib di laut pantai selatan. Menurut legenda dan kepercayaan, Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu gerbang gaib untuk menuju ke dimensi lain Nyi Roro Kidul.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gempa Yogya Terjadi karena Nyai Roro Kidul Marah Dipaksa Pakai Jilbab

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat setidaknya ada empat mitos yang dipercaya masyarakat dan menjadi pantangan. Tentu saja semuanya terhubung dengan mitos Nyi Roro Kidul.

1. Kamar 308 Nyi Roro Kidul

Kisah angkernya Pantai Pelabuhan Ratu kian kental terasa dengan kehadiran sebuah hotel di tepi pantai bernama Hotel Inna Samudra. Di hotel ini menyediakan kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul. Kamar bernomor 308 itu didesain dengan interior berwarna hijau karena Nyi Roro Kidul konon memang menyukai warna hijau.

Di dalam kamar yang dibuka untuk umum itu terdapat lukisan Nyi Roro Kidul yang ukurannya cukup besar. Bahkan, ada juga para tamu yang datang untuk meletakkan sesaji di kamar tersebut.

BACA JUGA: "Jangan Percaya Nyi Roro Kidul, Itu Kisah Bualan, Jelmaan Setan"

2. Pintu Gaib di Tengah Laut

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo disebut-sebut sebagai pintu masuk ke kerajaan Nyi Roro Kidul. Konon, pintu gaib tersebut menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain di alam Nyi Roro Kidul.

Banyaknya kasus orang tenggelam di pantai tersebut dipercaya karena ditarik ke dalam kerajaan Nyi Roro Kidul. Benar atau tidaknya kepercayaan itu masih dipercaya banyak masyarakat.

BACA JUGA: Pantai-Pantai di Gunung Kidul Kian Molek Usai Dipersolek

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image