Humor Gus Dur: Amplop Honor Ceramah Kiai Tertukar dengan Sopir, Pantas Cengar-Cengir

Humor  
Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang seorang kiai yang amplop honor ceramahnya tertukar dengan sang sopir. Foto: IST.
Gus Dur. KH Abdurrahman Wahid bercerita tentang seorang kiai yang amplop honor ceramahnya tertukar dengan sang sopir. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Hampir setiap ulama yang datang memenuhi undangan ceramah pulangnya pasti akan disangoni oleh panitia. Bahkan, ajudan, sekertaris pribadi, atau sopir yang mendampingi ulama tersebut juga akan mendapatkan salam tempel alias amplop.

Satu waktu Gus Dur bercerita tentang seorang kiai yang amplopnya tertukar dengan sopirnya. Dinukil dari buku Ger-Geran Bersama Gus Dur, ada seorang kiai, sebut saja namanya Kiai Somad diundang ceramah ke luar kota.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Orang Jepang Sombong Mati Kutu di Depan Sopir Taksi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lantaran rumahnya jauh dari tempat acara, Kiai Somad pun ditemani sopirnya. Setelah selesai berceramah, panitia seperti biasa membawakan segala macam bingkisan untuk kiai, termasuk honor yang diberikan lewat amplop.

Bukan hanya penceramah yang mendapatkan amplop, sopir yang mendampingi Kiai Somad pun mendapatkan berkahnya. Sopir tersebut juga mendapatkan salam tempel dari panitia.

Namun, Kiai Somad tersenyum kecut ketika membuka amplop di rumah. “Honor segini, buat naik becak saja masih kurang, padahal ini kan keluar kota,” gumam Kiai Somad.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Tak Apa-Apa TNI AL Gak Bisa Berenang, Tentara Angkatan Udara Saja Gak Bisa Terbang

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image