MUI Ajak Sholat Gaib untuk Eril, Begini Sejarah dan Hukumnya

News  
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto: Instagram.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto: Instagram.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Keluarga besar Ridwan Kamil sudah mengikhlaskan kepergian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril. Hingga hari ke delapan pascadikabarkan hilang terseret oleh arus sungai Aaree di Kota Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022), Kang Emil dan istrinya Atalia merelakan status Eril meninggal dunia.

Pihak berwenang pun sudang mengubah status Eril dari "hilang" menjadi "tenggelam". Karena itu, MUI Jawa Barat mengajak umat Islam untuk melaksanakan sholat gaib untuk Eril.

BACA JUGA: Surat Atalia untuk Eril: Ril, Mamah Titipkan Kamu dalam Penjagaan dan Perlindungan Allah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagi yang belum memahami, dilansir dari Muhammadiyah.or.id, sholat gaib adalah sholat jenazah yang dilakukan kaum Muslimin terhadap saudaranya yang wafat, sementara jenazahnya tidak ada di depan mereka atau berada di tempat yang lain. sholat gaib pernah dilakukan oleh Rasulullah saw di Madinah terhadap An Najasyi, seorang raja negeri Habasyah (Ethiopia) yang beragama Islam, yang wafat di negeri tersebut.

Saat itu negeri Habasyah adalah adalah negeri Nasrani. Hal ini didasarkan pada Hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَى النَّجَاشِيَّ فِي الْيَوْمِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ وَخَرَجَ بِهِمْ إِلَى الْمُصَلَّى فَصَفَّ بِهِمْ وَكَبَّرَ عَلَيْهِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ

“Bahwasanya Rasulullah saw mengumumkan kematian An Najasyi pada hari kematiannya. Rasul keluar bersama para sahabatnya ke lapangan, lalu mengatur shaf, kemudian (melaksanakan shalat dengan) bertakbir sebanyak empat kali.” (HR Al Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Mengharukan, Ridwan Kamil Ganti Foto Profil Instagram dengan Foto Eril Menghadap Tulisan Allah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image