Wisata

Asal Usul Bunga Tulip: Simbol Kerajaan Turki Ottoman yang Diklaim Milik Belanda

Bunga Tulip. Bunga tulip berasal dari Turki Ottoman tetapi justru dikenal sebagai milik Belanda. Foto: Republika.
Bunga Tulip. Bunga tulip berasal dari Turki Ottoman tetapi justru dikenal sebagai milik Belanda. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Pegunungan Pamir dan Hindu Kush di Kazakhstan menjadi tempat tumbuhnya tanaman liar, tulip. Meski awalnya adalah tumbuhan liar yang hidup di pegunungan, Kerajaan Turki Ottoman membudidayakan bunga tersebut pada 1000 Masehi hingga menjadi simbol kekaisaran.

Tulip berasal dari bahasa Turki yang secara harfiah berarti “Turban”. Alasannya, bentuk bunga tulip ketika masih kuncup mirip dengan Turban atau penutup kepala pria Turki.

BACA JUGA: Kedatangan Mesut Ozil Bangkitkan Kenangan Kesultanan Turki Ottoman Bantu Indonesia Lawan Penjajah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sultan Mehmed I yang memerintah pada 1413 sampai 1421 Masehi yang pertama kali memerintahkan menanam tulip di kebun kerajaan. Kepopuleran tulip semakin meningkat di era Sultan Sulaiman I yang ditaman secara profesional. Di era itu, Sultan Sulaiman I menjadikan bunga tulip melampaui kepopuleran bunga mawar.

Saking cintanya kepada bunga tulip, Sultan Sulaiman I sering menjadikan tulip inspirasi dalam tulisan-tulisannya. Apalagi bagi umat Muslim Turki, tulip identik dengan tulisan Allah dalam Bahasa Arab. Tak heran jika bunga tulip banyak digunakan sebagai hiasan dalam seni Islam seperti kaligrafi hingga hiasan di sajadah.

BACA JUGA: Pejabat Turki Ottoman Nikahi Putri Panglima Perang Pangeran Diponegoro

Sejak era Sultan Sulaiman I itu pula bunga tulip menjadi simbol nasional Kerajaan Turki Ottoman. Namun bagaimana sejarahnya sampai bunga tulip justru lebih dikenal sebagai bunga khas Belanda?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan