Asal Usul Mak Lampir, Putri Kerajaan Champa yang Menderita karena Cinta

Legenda  
Farida Pasha memerankan sosok Mak Lampir.
Farida Pasha memerankan sosok Mak Lampir.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Mak Lampir sudah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat Jawa. Padahal, Mak Lampir sebenarnya berasal dari negeri seberang dan menjadi mitologi masyarakat Sumatra.

Cerita Mak Lampir populer sejak era 80-an melalui sandiwara radio ''Misteri Gunung Merapi''. Cerita radio itu kemudian diadaptasi ke layar lebar di era 90-an dengan judul ''Perempuan Berambut Api'' dan ''Cambuk Api''.

BACA JUGA: Debat Wali Perokok dengan Wali Pecinta Kopi, Siapa yang Mendekati Sunnah Nabi?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kepopulerannya pun membuat cerita Mak Lampir berlanjut ke cerita sinetron di era 2000-an dengan judul "Misteri Gunung Merapi". Dalam cerita tersebut diceritakan Mak Lampir sebagai pendekar pilih tanding penganut ilmu hitam.

Lantas dari mana asal usul Mak Lampir?

Konon ceritanya, Mak Lampir merupakan seorang putri dari kerajaan kuno, yakni Champa (Chiem Thanh) yang berdiri di abad ke-7. Kekuasaan Kerajaan Champa mencapai Vietnam Tengah dan Selatan.

BACA JUGA: Cobain Download Lagu Gratis dari FreeMP3Downloads, Situs Alternatif MP3 Juice

Nama asli Mak Lampir adalah Siti Lampir Maimunah. Legenda Mak Lampir pun sebenarnya berasal dari Sumatra Barat, bukan dari Jawa. Mitologi Mak Lampir lahir di Kabupaten Agam, Bukit Tinggi, tempat Gunung Marapi berdiri. Mak Lampir dikaitkan dengan legenda 7 Manusia Harimau di Sumbar, Bengkulu, dan Lampung.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image