Banjir Darah di Batavia Usai Tentara VOC Bantai 10 Ribu Orang China dari Balita Hingga Manula

Sejarah  
Lukisan Geger Pecinan. Pada 10 Oktober 1740, 10 ribu orang China dibantai di Batavia oleh Belanda. Foto: IST.
Lukisan Geger Pecinan. Pada 10 Oktober 1740, 10 ribu orang China dibantai di Batavia oleh Belanda. Foto: IST.

CERITA ABAH: Artikel ini adalah warisan berupa tuturan dari sejarawan sekaligus wartawan senior (Almarhum) Alwi Shahab kepada kami dan kami tulis ulang. Selamat Menikmati.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Peristiwa kelam pernah terekam sejarah saat sedikitnya 10 ribu warga keturunan Tionghoa yang ditinggal di Batavia dan sekitarnya dieksekusi mati oleh VOC. Tidak ada asap jika tidak ada api tentunya, pembantaian yang membuat kali di Glodok berubah menjadi warna merah tersebut karena pemberontakan para warga keturunan China.

Namun perlawanan yang diberikan warga keturunan China saat itu juga bukan tanpa alasan. Para warga keturunan China melawan setelah mendapatkan perlakuan tidak manusiawi dari pemerintah Hindia Belanda. Apalagi setelah banyak warga yang menganggur usai pabrik gula di Batavia saat itu bangkrut. Terjadi banyak pengangguran yang membuat meningkatnya angka kriminalitas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: VOC Buang Penjahat dan Gelandangan Keturunan China ke Sri Lanka

Pemerintah Hindia Belanda saat itu juga mengeluarkan kebijakan yang kelewat kejam. Mereka menindas warga Tionghoa, bahkan menangkap dan membuang ribuan warga Thionghoa ke Sri Lanka. Puncaknya beredar kabar jika sebelum sampai ke Sri Lanka yang saat itu dalam kekuasaan Belanda, para tawanan Tionghoa dieksekusi mati dengan cara dibuang ke laut.

Perlawanan itu menjadi alasan bagi tentara dan pegawai-pegawai VOC untuk melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap etnis Cina. Jam malam pun diberlakukan di Batavia. Pada tanggal 10 Oktober 1740, gubernur jenderal Adrian Volckanier mengeluarkan surat perintah: bunuh dan bantai orang-orang Cina.

BACA JUGA: Download Video YouTube Jadi MP3 Pakai YTMP3, Cepat dan Mudah Cukup Ketik Judul Lagu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image