Budaya

Warisan Aminah Cendrakasih di Sosok Mak Nyak Si Doel yang Penuh Cinta Kasih

Aminah Cendrakasih meninggal dunia. Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak Si Doel meninggal dunia, Kamis (21/12/2022). Foto: Republika
Aminah Cendrakasih meninggal dunia. Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak Si Doel meninggal dunia, Kamis (21/12/2022). Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bagi anak-anak yang hidup di era 1980-1990-an sedikit banyak pasti mengingat bagaimana fenomenalnya sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Rano Karno menciptakan sebuah keluarga Betawi secara sempurna dengan menampilkan aktor dan aktris jempolan. Selain Rano yang memainkan peran sebagai Si Doel, menggandeng jagoan-jagoan lenong dan seni peran, seperti Haji Tile, Nyak Rodiyah, Benyamin Sueb, Mandra, Suti Karno, dan tentu saja Aminah Cendrakasih. Tanpa mengecilkan peran dari masing-masing karakter, Aminah bisa dibilang sangat sukses memainkan peran sebagai seorang ibu dari Si Doel, laki-laki Betawi yang punya cita-cita tinggi sebagai seorang sarjana.

Mak Nyak, sebutan Aminah di dalam sinetron yang tayang di RCTI pada awal 1990-an tersebut. Sebutan ini datang dari tetangga sekaligus menantu "buluk" Karyo, yang diperankan seniman Jawa Basuki.

BACA JUGA: Warga Muhammadiyah Gak Suka Maroko (k)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rano menciptakan karakter Mak Nyak sebagai seorang ibu yang bijak, penyabar, sekaligus mencintai keluarga. Meski digambarkan sebagai seorang yang buta huruf dan minim pendidikan, Mak Nyak dan suaminya Babe (Benyamin Sueb) punya cita-cita yang di luar kebiasaan warga Betawi saat itu, sekolah tinggi menjadi seorang sarjana.

Sisi bijak seorang ibu yang mencintai anaknya sering terungkap dari beberapa dialog yang dibangun antara Mak Nyak dengan Si Doel. Seperti ketika Si Doel yang hampir putus asa karena belum juga mendapatkan pekerjaan setelah lulus sebagai seorang sarjana. Padahal, orang tuanya sudah menghabiskan banyak uang untuk mengantarkannya mendapatkan gelar "Tukang Insinyur".

BACA JUGA: Madinah Geger, Muncul Pria Berwajah dengan Usapan Malaikat di Raudah Masjid Nabawi

"Kan paribahasa udah bilang, hidup ini kaya roda pedati. Ngegelinding. Sekarang ada di bawah, besok ada di tengah, lusa ada di atas. Kita kudu tawakal Dul, kudu sabar," kata Mak Nyak.

Kini keluarga Si Doel semakin berkurang setelah Mak Nyak meninggal dunia pada Kamis (21/12/2022). Mak Nyak meninggal di usia 84 tahun menyusul anggota keluarga Si Doel yang sudah lebih dulu berpulang, seperti Engkong (H Tile), Nachi (Mak Rodiyah), Babe (Benyamin Sueb), Mas Karyo (Basuki), Pak Bendot, Djoni Irawan (Roy), dan TB Maulana Husni (Babenya Zaenab).

BACA JUGA: SssTikTok: Download Video TikTok tanpa Instal Aplikasi, Gratis, Mudah, Aman

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan