Hikmah

Benarkah Malam Nuzulul Quran adalah Malam Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Gus Baha

Gus Baha menyebut malam Nuzulul Quran sama saja dengan Lailatul Qadar.
Gus Baha menyebut malam Nuzulul Quran sama saja dengan Lailatul Qadar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Sebagian umat Islam di Indonesia percaya jika malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, adalah malam di mana Alquran diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Namun ulama asal Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha punya penjelasan berbeda.

Menurut Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, peringatan Nuzulul Qur'an tidak hanya boleh dilakukan pada malam 17 Ramadhan saja. Nuzulul Quran, kata Gus Baha, boleh diperingati di hari lain selama Ramadhan. Sebab, malam Nuzulul Qur'an dikaitkan dengan malam seribu bulan alias Lailatul Qadar sebagai malam mulia.

BACA JUGA: Download Lagu (Mp3) dari YouTube Gratis dan Mudah Simpan di HP Pakai Y2Mate

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Dalam obrolannya di akun YouTube Najwa Shihab, Gus Baha menjelaskan tradisi di pesantren terkait malam Nuzulul Quran. "Kalau tradisi pesantren, sebuah tradisi yang mengilhami banyak tradisi di masyarakat, pada malam 17 Ramadhan mulai banyak yang mengadakan Nuzul Qur'an, ada juga yang malam 21, 23, 25 dan 27 Ramadhan," kata Gus Baha.

Mayoritas ulama sepakat Alquran pertama kali diturunkan pada malam Lailatul Qadar, seperti dalam firman Allah SWT di Surah Al-Qadr ayat 1-3. Artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada 1.000 bulan.” (QS Al-Qadr: 1-3).

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Kiamat Pun Palestina-Israel tak Bisa Berdamai

Namun, kata Gus Baha menjelaskan, para pakar tafsir berbeda pandangan tentang kapan Alquran pertama kali diturunkan. Pendapat pertama Alquran turun mulai 17 Ramadhan dan pendapat lainnya menyebut Alquran diturunkan mulai 24 Ramadhan.

"Ada yang terlalu ekstrem mengatakan bahwa Lailatul Qadar itu tidak ada lagi. Karena Lailatul Qadar itu malam turunnya Alquran dan sekarang Alquran tidak turun lagi. Malah ngeri seperti itu, kacau," tegas Gus Baha.

BACA JUGA: Gus Baha: Yang Mengharamkan Sebut Rokok Itu Kencingnya Setan

Karena itu, murid Mbah Moen ini memilih pendapat ulama Nusantara yang tetap merayakan malam Nuzulul Qur'an dan berkeyakinan Alquran diturunkan pada malam Lailatul Qadar. Meski begitu Gus Baha tidak bisa memaksa karena kapan merayakan Malam Nuzulul Quran dikembalikan kepada keyakinan masing-masing umat Islam. Bahkan Gus Baha juga membolehkan jika kaum Muslimin memulai merayakan malam Nuzulul Qur'an dari awal Ramadhan dengan cara mencari Lailatul Qadar sejak awal Ramadhan.

Ia menjelaskan teks tentang Lailatul Qadar yang disampaikan Nabi Muhammad SAW hanya carilah malam Lailatul Qadar di malam akhir Ramadhan. "Yang namanya mencari, itu harus ada persiapan. Tidak ada persiapan lalu merasa mencari malam Lailatul Qadar. Ini namanya penunggu malam Lailatul Qadar, bukan pencari," kata Gus Baha.

BACA JUGA: Download Video TikTok dengan SssTikTok Gratis tanpa Watermark, Spek Video Tinggi (HD)

Karena itu, Gus Baha menyebut bagi yang yakin Lailatul Qadar turun pada malam 20 Ramadhan dan seterusnya, maka persiapannya bisa sejak awal Ramadhan atau sejak bulan Rajab. Sebab menurut Gus Baha, istilah Nuzul Qur'an punya beberapa redaksi, di mana aslinya boleh menggunakan redaksi malam tanzilul Qur'an atau Nuzulul Qur'an.

Sehingga, kata Gus Baha, Tanzil Qur'an dan Nuzulul Qur'an sah untuk menyebut malam yang istimewa dalam bulan Ramadhan. Mufasir berpendapat, kata Gus Baha, anzala itu turun dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia, kalau tanzil itu turun dari langit dunia ke Nabi Muhammad SAW secara bertahap.

BACA JUGA: Download Lagu Mp3 Resmi dari YouTube Pakai YouTube Music Premium, Legal, Gratis Uji Coba Sebulan

Namun, yang pas itu malam Tanzilul Qur'an atau malam Inzalul Qur'an. Gus Baha mengungkapkan ulama memilih Nuzulul Qur'an agar masyarakat tidak salah paham karena redaksi inzal umumnya berkaitan dengan mandi junub.

"Kiai itu pintar, meskipun Lailatul Qadar hanya ada sehari, tapi kebaikan tidak boleh terbatas pada hari tertentu saja. Sehingga malam Lailatul Qadar bukan hanya malam 27 Ramadhan," jelas Gus Baha.

BACA JUGA: YTMP3 Converter: Gratis Download Lagu dan Video Musik YouTube Ubah Jadi MP3

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Lagu (MP3) dari YouTube dengan MP3 Juice, Gratis, Gampang, dan Tanpa Aplikasi

> Link Download dan Instal GB WhatsApp Versi Terbaru Update April 2023, Anti-banned Kedaluwarsa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan