Hikmah

5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Al Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursi)

Membaca Alquran. Rutin membaca Ayat Kursi atau ayat ke-255 Surah Al Baqarah akan mendapatkan banyak manfaat. Foto: Dok Republika
Membaca Alquran. Rutin membaca Ayat Kursi atau ayat ke-255 Surah Al Baqarah akan mendapatkan banyak manfaat. Foto: Dok Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Surah Al Baqarah terdiri dari 286 ayat. Dari ratusan ayat tersebut, ada satu ayat yang punya keutamaan dan manfaat luar biasa hebat yakni ayat kursi, yakni ayat ke 255.

Dalam riwayat Abu Umamah, Rasulullah shalallahu alahi wassalam bersabda, “Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat Al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya,” (HR. Ahmad).

BACA JUGA: Benarkah Meninggal Dunia di Hari Rabu dan Jumat Miliki Keutamaan, Bagaimana dengan Pelaku Maksiat?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda Ayat Kursi adalah ayat paling utama dalam Alquran. Seorang Muslim yang rutin membaca Ayat Kursi akan mendapatkan perlindungan dari setan.

Diriwayatkan Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, "Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat ayat Alquran, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi."

BACA JUGA: Bumi Bulat atau Datar? Simak Penjelasan Gus Baha Berdasarkan Alquran

Dalam buku Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis karya Ustadz Ramadhan, ada tujuh keutamaan membaca Ayat Kursi. Apa saja?

1. Dilindungi dari setan

Seorang Muslim yang rutin membaca Ayat Kursi akan dijauhi dari kejahatan serta godaan jin dan setan yang terkutuk. Seperti dalam hadits riwayat Anas bin Malik RA, Rasulullah bersabda:

"Apabila seseorang dari umatku membaca ayat kursi 12 kali, kemudian dia berwudhu dan mengerjakan salat subuh, niscaya Allah akan menjaganya dari kejahatan setan dan derajatnya sama dengan orang yang membaca seluruh Al-Qur'an sebanyak 3 kali, dan pada hari kiamat ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari semua penghuni dunia."

BACA JUGA: Dian Sastro Dulu Sempat Mengira Islam Agama Kejam, Kini Rutin Khatamkan Alquran

Manfaat lain dari membaca Ayat Kursi ada di halaman selanjutnya...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan