Hikmah

5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surah Al Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursi)


Membaca Alquran. Rutin membaca Ayat Kursi atau ayat ke-255 Surah Al Baqarah akan mendapatkan banyak manfaat. Foto: Dok Republika
Membaca Alquran. Rutin membaca Ayat Kursi atau ayat ke-255 Surah Al Baqarah akan mendapatkan banyak manfaat. Foto: Dok Republika

2. Ayat Paling Utama di Alquran

Ayat kursi disebut kepala ayat-ayat Alquran karena merupakan ayat paling utama. Rasulullah bersabda, "Di dalam surat Al-Baqarah ada satu ayat yang menjadi kepala kepada semua ayat ayat Al-Qur'an, tidak dibaca ayat itu di dalam rumah yang ada setan di dalamnya melainkan ia keluar daripada rumah itu yaitu ayat kursi."

3. Penjaga Ketika Tidur

Seorang Muslim dianjurkan membaca Ayat Kursi sebelum tidur. Alasannya dengan membaca Ayat Kursi, seseorang akan mendapatkan lindungan dari Allah sepanjang malam. Seperti dalam HR Al-Bukhari, Rasulullah bersabda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi."

BACA JUGA: Asal Usul Kalimat Habis Gelap Terbitlah Terang yang Dikutip RA Kartini dari Alquran

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

4. Dilindungi Allah

Setiap selesai Shalat Fardhu, seorang Muslim yang rutin membaca Ayat Kursi maka dijamin mendapatkan perlindungan dari Allah. "Barangsiapa yang membaca ayat kursi di setiap akhir salat fardhu maka ia berada dalam perlindungan Allah sampai salat berikutnya." (HR. Thabrani)

“Orang yang membaca ayat Kursi setiap usai shalat fardhu, maka kedudukan orang itu seperti orang yang berperang membela para nabi Allah hingga gugur syahid,” (HR. Ibnu As-Sunni).

.

BACA JUGA: Viral Pria Injak Alquran, Sudjiwo Tedjo: Menghina Tuhan Gak Perlu Menginjak Kitab Suci-Nya

5. Diberikan Mahkota dari Surga

Al-Baqarah termasuk surah istimewa karena keberadaan Ayat Kursi. Barang siapa yang rutin membaca Al-Baqarah akan diberi mahkota di surga. Sebagaimana diriwayat Ad-Darimi, “Siapa saja yang membaca surat Al-Baqarah, maka dia akan dikenakan mahkota darinya di surga.”

Keutamaan lain Ayat Kursi adalah dimudahkan masuk surga. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian." (HR An Nasa'i, Ibnu Hibban dan Ath-Thabrani meriwayatkan dari Abu Umamah).

.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
> Kiai Tampar Anggota Banser: Kiai Gak Dijaga Malah Gereja yang Dijaga!

> GP Ansor Bantah Anggota Banser Lecehkan Tsamara Amany: Fotonya Dicatut

> Humor Gus Dur: Pastor Lega Dikira Gak Jadi Diterkam Harimau, Ternyata Harimaunya Lagi Baca Doa Makan

> Sempat Tantang Novel Bamukmin Duel, Denny Siregar: Gak Jadi Deh, Gw Males Bulan Puasa Berantem

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan