Israel Tertipu Strategi Gus Dur Soal Hubungan Diplomatik dengan Israel-Indonesia

Sejarah  
Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur dinilai sebagai sosok yang cerdas hingga Israel juga tertipu.
Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur dinilai sebagai sosok yang cerdas hingga Israel juga tertipu.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Almarhum Ustadz Tengku Zulkarnain pernah menyatakan kekagumannya kepada almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, mantan wakil sekretaris jenderal Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menilai Gus Dur adalah sosok cerdas dan murah hari.

Ustadz Zulkarnain menilai kecerdasan Gus Dur dapat dilihat dalam menjalin hubungan dengan negara-negara, termasuk dengan Israel. "Saya tidak melihat Gus Dur pro Zionis," kata Ustadz Zulkarnain.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Bingung Kiai Pamer Pesantren Punya Eternit, Ternyata yang Dimaksud Internet

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti diketahui, pemberitaan Gus Dur dekat dengan Israel sudah beredar luas. Sampai-sampai Gus Dur disebut mendapatkan dana hibah dari Negara Zionis tersebut.

"Memang dia mendapat dana untuk membuat hubungan diplomatik dengan Israel. Tapi, sampai beliau wafat dia enggak buat. Itu cerdasnya Gus Dur. Dia menolak halus dengan tidak membuat hubungan diplomatik antara RI-Israel," cerita Tengku Zulkarnain.

BACA JUGA: Rocky Gerung: Jangan Singkirkan Nama Soeharto di Serangan Umum 1 Maret 1949 karena Keppres

Ia berkata, pernah suatu ketika Israel mendesak Gus Dur harus cepat membuka hubungan diplomatik antara Israel-Indonesia. Gus Dur menyatakan bisa, tapi susah dan lama. Israel yang terus mendesak, membuat Gus Dur melontarkan idenya kepada masyarakat.

Hasilnya sudah seperti kita ketahui, berbagai penolakan keras oleh masyarakat Indonesia datang terhadap wacana yang dilemparkan Gus Dur. Saat itu juga Gus Dur mengatakan kepada Israel jika membuka hubungan diplomatik Israe-Indonesia masih sulit dan memerlukan waktu lama.

BACA JUGA: 6 Pahlawan Nasional dari Muhammadiyah (1), Nomor Satu Kakek Gubernur Jakarta Anies Baswedan

"Saat itu juga orang Israel diam sampai sekarang. Gus Dur bisa saja buat hubungan diplomatik, tapi sulit dan butuh waktu yang lama," ujar dia.

"Saya enggak membela Gus Dur. Saya juga tidak mencari jabatan dengan memuji Gus Dur. Beliau juga sudah wafat," ucap Ustadz Zulkarnain

Ustadz Zul juga menegaskan tidak perlu menanyakan kecintaan NKRI Gus Dur. Hubungan diplomatik antara RI-Israel belum terwujud berkat dorongan masyarakat Indonesia yang menolak rencana Gus Dur tersebut.

BACA JUGA:
>
Humor Gus Dur: Tak Sengaja Bercanda di Depan Uskup, Kenapa Belum Kawin, Padahal Kawin Itu Enak
> Humor Gus Dur: 3 Presiden Indonesia Gila, Kalau Saya yang Milih yang Gila
>
Humor Gus Dur: Harmoko Lempar Jumrah Batunya Balik Lagi, Dibisiki Sesama Setan Jangan Saling Lempar
>
Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur
> Humor Gus Dur: Ditegur Gus Mus karena Dicium Artis Cantik, Dijawab Sampeyan Jangan Pengen

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image