Mengapa Pak AR Banyak Merokok, Padahal Kiai Muhammadiyah: Tidak Banyak, Saya Merokok Satu-Satu

Humor  
Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 1968-1990, KH AR Fakhrudin. Kiai Fakhrudin alias Pak AR adalah satu dari sedikit ulama Muhammadiyah yang merokok. Foto; IST.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 1968-1990, KH AR Fakhrudin. Kiai Fakhrudin alias Pak AR adalah satu dari sedikit ulama Muhammadiyah yang merokok. Foto; IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Anda mengenal KH AR Fakhrudin? Jika belum kami akan ceritakan sedikit tentang beliau. Kiai AR Fakhrudin atau yang akrab disapa Pak AR adalah ulama dari Muhammadiyah yang bisa dibilang paling lucu. Beliau juga seorang pribadi sederhana dengan tutur kata anggun ketika mengomentari suatu masalah.

Sahabat KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah dengan periode terlama, dari 1968--1990. Beliau dipilih secara aklamasi dalam forum sidang tanwir menggantikan KH Faqih Usman.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ratusan Orang NU Jadi Muhammadiyah karena Sholat Tarawih

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain kejenakaannya, ada satu hal yang menarik dari sosok Pak AR. Beliau adalah perokok berat. Sebagai seorang kiai dari Muhammadiyah, Pak AR adalah satu dari sedikit sekali ulama ormas modern yang menjadi ahli hisab. Meski belakangan, Majlis Tarjih Muhammadiyah menetapkan jika rokok itu hukumnya haram, Pak AR toh tetap saja dikenal sebagai perokok.

Pak AR memang sosok yang "ngenteng-ngenteng ke" dalam persoalan hidup. Beliau hidup tidak mengejar harta. Bahkan untuk menambah penghasilan, Pak AR menjual bensin eceran di depan rumahnya. Bukan rumah sendiri, melainkan rumah kontrakan, karena hingga meninggal dunia, Pak AR tidak memiliki rumah.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Kiai Sepuh Kelelahan Diajak Istrinya Maraton "Bunuh Orang Kafir" di Malam Pertama

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image