Pertamax Naik, Teringat Lirik BBM Naik Tinggi Susu Tak Terbeli di Lagu Galang Rambu Anarki Iwan Fals

Wisata  
Iwan Fals. Naiknya harga BBM mengingatkan kepada lirik
Iwan Fals. Naiknya harga BBM mengingatkan kepada lirik "BBM Naik Tinggi, Susu tak Terbeli" di lagu Galang Rambu Anarki milik Iwan Fals. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik darah setelah menterinya tidak ada penjelasan dari menterinya soal tingginya harga minyak goreng dan naiknya harga Pertamax. Benar, Sedulur, harga jual Pertamax di SPBU Pertamina naik dari Rp 9.000 menjadi Rp12.500 per liter dimulai sejak 1 April 2022 yang tentu saja membuat rakyat menjerit.

Tingginya harga Pertamax membuat masyarakat pun beralih menggunakan Pertalite yang dijual Rp7.650 per liter. Dengan sangat langkanya Premium di pasaran, membuat Pertalite menjadi alternatif masyarakat mengisi bahan bakar.

Kemarahan Presiden Jokowi pun wajar, mengingat daya beli masyarakat belum pulih setelah dihajar pandemi. Apalagi seperti yang sudah-sudah, kenaikan BBM sudah pasti merembet kepada kenaikan harga-harga lainnya, terutama bahan pokok.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah Sedulur, setiap kenaikan BBM yang dilakukan pemerintah sebenarnya sudah pasti ada yang mengkritik. Mulai dari Orde Baru, sampai yang fenomenal adalah tangisan Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani saat Presiden SBY menaikkan harga BBM.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image