Ternyata Pungli Berasal dari Bahasa China, Biasanya Dilakukan Para "Oknum"

Sejarah  
Pesan Pungli. Seorang wisudawan memberikan informasi tentang pungutan liar (pungli) di kampusnya dalam gelaran acara wisuda. Foto: Tangkapan layar.
Pesan Pungli. Seorang wisudawan memberikan informasi tentang pungutan liar (pungli) di kampusnya dalam gelaran acara wisuda. Foto: Tangkapan layar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Aksi wisudawan Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara yang mengungkapkan banyaknya kasus pungli menyedot perhatian publik. Dalam proses wisuda tersebut, sang wisudawan memberikan secarik kertas kepada rektor Unsrat sekaligus menunjukkan kertas bertuliskan "Unsrat Masih Banyak Pungli" ke arah kamera. Namun apa arti pungli dalam KBBI?

Pungli adalah akronim dari pungutan liar. Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti pungli adalah meminta sesuatu, baik itu uang atau sebagainya, kepada seseorang (lembaga, perusahaan dan lain-lain) tanpa menurut peraturan yang lazim. Dalam kasus Unsrat, sesuai arti pungli dalam KBBI berarti ada oknum tertentu yang meminta pungutan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Usai Diwisuda Rektor, Mahasiswa Unras Kritik Masih Banyak Pungli di Kampusnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sering mendengar istilah pungli. Kasus pungli kerap ditemui dan terjadi di mana saja, seperti instansi hingga perusahaan.

Apakah pungli sama dengan suap atau gratifikasi? Dikutip dari laman Unit Pengendalian Gratifikasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, suap adalah suatu kondisi di mana seseorang pengguna jasa menawarkan imbalan kepada petugas layanan dengan tujuan mempercepat proses, walaupun melanggar aturan dan prosedur yang penting urusannya cepat selesai.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Sowan ke Istana, Kiai se-Indonesia Malah Bahas Keangkeran Istana Presiden

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image