4 Cara yang Membuat Rasulullah Jarang Sakit

News  

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Rasulullah tidak hanya menjadi teladan hidup sepanjang masa umat Islam saja, tetapi rahmat untuk seluruh alam. Ketua PP Muhammadiyah, Dokter Agus Taufiqurrahman mengajak agar perilaku beliau tak hanya patut dicontoh dari aspek ibadah mahdah, tetapi juga rutinitas sehari-hari, seperti rajin menjaga kebersihan dan kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Menurut Dokter Agus, kebiasaannya merawat kebersihan lingkungan, diri, dan rohani inilah yang menjadikan Nabi Muhammad SAW sepanjang hayatnya “hanya” mengalami sakit sebanyak dua kali. Agus menerangkan sakit pertama jatuh saat beliau hijrah dari Mekkah ke Madinah, dan sakit yang kedua saat menjelang wafat.

BACA JUGA: Debat Wali Perokok dengan Wali Pecinta Kopi, Siapa yang Mendekati Sunnah Nabi?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ini luar biasa. Saya sering ditanya usia, setelah itu ditanya sudah berapa kali sakit. Makanya kalau mau sehat, mari kita jalankan apa yang dilakukan Rasul,” ajak Dokter Agus dalam kajian Ramadhan bersama PCM Garut Kota pada Senin (19/4/2022), seperti dinukil dari Muhammadiyah.or.id.

Rasulullah SAW jarang sakit karena mampu mencegah hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit. Dengan kata lain, beliau sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan. Jika kita telaah Alquran dan Sunah, maka kita akan menemukan sekian banyak petunjuk yang mengarah pada upaya pencegahan.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp Versi Terbaru Banyak Fitur: Anti-banned Hingga Bisa Baca Pesan Dihapus

Hal ini mengindikasikan betapa Rasulullah sangat peduli terhadap kesehatan. Agus membeberkan gaya hidup sehat yang dijalani Rasulullah sehingga jarang sakit.

"Pertama, kalau bangun jangan terlambat; kedua, atur makan dengan baik dan benar; ketiga, kontrol emosi apalagi marah; keempat, jagalah kebersihan; kelima, berpuasa dua kali dalam sepekan," kata dia mengungkapkan.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image