Ketua Muhammadiyah: Kalau Semua Amal Dipamerkan di Medsos, Malaikat Raqib dan Atid Tugasnya Apa?

News  
Media Sosial. Di zaman fitnah ini, juga rawan menjadikan penceramah terpeleset karena dua sifat, yaitu ujub dan riya. Foto: Republika.
Media Sosial. Di zaman fitnah ini, juga rawan menjadikan penceramah terpeleset karena dua sifat, yaitu ujub dan riya. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ustadz Fathurrahman Kamal khawatir dengan adanya media sosial karena media-media tersebut banyak amal kebajikan yang disombongkan. Ustadz Fathur berseloroh, jika semua amal yang dikerjakan ditulis dan dipublish di media sosial maka pertanyaannya adalah malaikat Raqib dan Atid tugasnya sekarang apa, karena tugas mencatat amal sudah diwakili oleh media sosial.

Contohnya adalah pengajian-pengajian yang diselenggarakan lalu dipublish di medsos dan media digital lain. Semua amal kebajikan yang dilakukan tercatat di memori-memori perangkat digital. Di zaman fitnah ini, juga rawan menjadikan penceramah terpeleset karena dua sifat, yaitu ujub dan riya.

BACA JUGA: Gratis Download Lagu dari Video YouTube dan TikTok Pakai YTMP3, Anti Ribet, Cepat, dan Aman

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Padahal, ikhlas sebagai lawan dari sifat ujub atau ria/sombong merupakan ‘benteng tebal’ yang menahan manusia dari godaan syetan. Namun, karena dominannya sifat sombong pada diri manusia, menyebabkan benteng pertahanan manusia dari godaan syetan mudah jebol.

“Pagi-pagi bikin status, tahajud dulu bro. Apa yang tidak diriakan oleh orang ?, kita di Muhammadiyah juga bisa kena penyakit ini pak," kata Fathur di acara Pengajian Ahad Pon yang diadakan PDM Kudus, Ahad (31/7/2022) seperti dinukil dari Muhammadiyah.or.id.

BACA JUGA: Profil Marcel Pesulap Merah yang Berseteru dengan Gus Samsudin karena Bongkar Trik "Kesaktian" Dukun

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image