Legenda

5 Tempat Urban Legend di Jakarta, Berani Coba Wisata ke Sana?


Menara Saidah yang sudah kosong sejak 2007 menyisakan sejumlah cerita horor, salah satunya kisah kuntilanak merah. (foto: Republika).
Menara Saidah yang sudah kosong sejak 2007 menyisakan sejumlah cerita horor, salah satunya kisah kuntilanak merah. (foto: Republika).

2. Menara Saidah

Bagi Sedulur yang sering melintasi Jalan Letjen MT Haryono mungkin sesekali pernah melihat sebuah gedung yang berdiri dengan kondisi miring. Gedung perkantoran yang kini terbengkalai itu konon dibangun di atas tanah kuburan.

Urban legend yang beredar di Menara Saidah adalah seringnya terlihat menampakan diri. Salah satu sosok yang disebut-sebut sering terlihat adalah sosok perempuan berbaju merah di lantai tiga. (Baca selengkapnya di sini: Teror Kuntilanak Berbaju Merah di Menara Saidah)

Bahkan tak jarang para penghuni dari dimensi lain mengganggu para satpam. Cerita yang paling menarik adalah ada yang mengaku mendapatkan panggilan kerja dari sebuah perusahaan yang berkantor di Menara Saidah. Padahal, gedung perkantoran itu sudah bertahun-tahun ditinggalkan alias tidak dipakai karena kondisi bangunan yang miring dan dianggap berbahaya. (Baca selengkapnya di sini: Horor, Warganet Dapat Undangan Interview Kerja di Lantai 13 Menara Saidah)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

3. Mall Klender

Krisis moneter yang memicu kerusuhan pada Mei 1998 merupakan salah satu periode terkelam bangsa Indonesia. Saat kerusuhan tersebut berbagai pusat perbelanjaan dibakar, salah satunya Mall Klender atau Mall Yogya.

Saat kerusuhan terjadi banyak masyarakat yang melakukan penjarahan di Mall Klender. Namun ketika masih banyak orang yang masuk ke dalam Mall Klender untuk menjarah barang-barang, entah siapa pelakunya bangunan tersebut dibakar.

BACA JUGA: Gus Baha Ungkap Penyebab Gesekan NU dan Muhammadiyah

Kebakaran hebat melanda semua bangunan mall. Masyarakat yang masih berada di dalam mall terkunci dan terbakar hidup-hidup. Dikabarkan korban mencapai ratusan orang dan peristiwa tersebut pun melahirkan urban legend tentang penampakan hantu gosong.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan