Hikmah

Bahaya Tidur Habis Sholat Subuh, Berisiko untuk Kesehatan dari Galau Sampai Terserang Stroke

Ada banyak risiko jika tidur habis Sholat Subuh.
Ada banyak risiko jika tidur habis Sholat Subuh.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Tidur habis Sholat Subuh memang sangat nikmat. Grafitasi kasur seolah berkali-kali lipat saat pagi hari. Namun, tahukah Sedulur ternyata tidur sehabis Sholat Subuh ternyata punya risiko terhadap kesehatan.

Nabi Muhammad Rasulullah SAW memerintahkan umatnya tidak tidur lagi usai Sholat Subuh. Seperti dalam riwayat sahabat Ibnu Abbas sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani, Rasulullah bersabda:

إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم
"Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu 'an thalabi arzuqakum". Artinya: "Ketika kalian sudah selesai melakukan shalat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

BACA JUGA: Link Download GB WhatsApp Pro Apk Terbaru 2023 di Mediafire, Gampil Instal di HP, Ada Segudang Fitur

Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan, kebiasaan Rasulullah SAW usai Sholat Subuh adalah mencari rezeki di waktu-waktu yang diberkahi. Setelah Sholat Subuh, Nabi Muhammad SAW berzikir dan beristighfar. Kemudian setelah matahari terbit, Rasulullah berjalan keluar mencari rezeki.

Selain itu tidak tidur lagi dan beraktivitas usai Sholat Subuh bisa terhindar dari berbagai penyakit. Aktivitas di pagi gari bisa membantu melancarkan tekanan gula darah dan peredaran darah yang dipompa melalui jantung ke seluruh organ tubuh.

BACA JUGA: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Beserta Artinya

Ada enam risiko tidur habis Sholat Subuh, yakni...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan