Hikmah

Ciri-Ciri Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Mengejar malam Lailatul Qadar.
Mengejar malam Lailatul Qadar.

KURUSETRA -- Salam Sedulur.. Umat Islam seluruh dunia sedang menanti-nanti malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Walau Allah menjanjikan kepada umat Nabi Muhammad malam Lailatul Qadar akan jatuh setiap Ramadhan, tetapi masih ada yang belum tahu apa saja ciri-ciri malam Lailatul Qadar.

Habib Quraish Shihab menjelaskan, sudah banyak riwayat tentang tanda-tanda kehadiran malam Lailatul Qadar pada seseorang. Namun, menurut Quraish Shihab, tanda yang paling jelas dari malam Lailatul Qadar adalah sikap dan perilaku keseharian dari seorang Muslim itu sendiri.

BACA JUGA: Hartini, Janda Anak Lima yang Bikin Soekarno Jatuh Cinta

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Dalam bukunya M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui, ayah dari presenter Najwa Shihab ini menjelaskan Lailatul Qadar menjadikan hati seseorang yang mendapatkannya selalu damai, tentram, sehingga mengantar pemiliknya dari ragu kepada yakin, dari kebodohan kepada ilmu, dari lalai kepada ingat, khianat kepada amanat, riya kepada ikhlas, lemah kepada teguh. "Dan sombong kepada tahu diri," kata Quraish Shihab.

Quraish Shihab mengungkapkan jika seseorang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan terlihat dari ciri-cirinya, yakni membuat orang yang tersebut senantiasa melakukan kebaikan karena adanya bimbingan malaikat. Seperti dijelaskan dalam Surah Al Qadr, pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke Bumi atas izin Allah SWT.

BACA JUGA: Benarkah Malam Nuzulul Quran adalah Malam Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Gus Baha

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar adalah mendirikan sholat malam atau tahajud, bersedekah, membaca Alquran, bershalawat, dan berzikir. Seperti dijelaskan dalam Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi, Dari Abu Hurairah RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Siapa saja yang mendirikan salat pada lailatul qadar karena iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq Alaih)

Shalat di malam Lailatul Qadar yakni Sholat Isya, Tarawih, Tahajud, dan Subuh secara berjamaah bisa menjadikan seseorang berpeluang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Selain itu, umat Islam bisa melakukan itikaf guna memperbesar peluang meraih malam Lailatul Qadar.

BACA JUGA: Download Lagu Mp3 Pakai Y2Mate, Mudah dari YouTube, Cepat Simpan di Smartphone

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan