Sejarah

Sejarah dan Cerita Legenda Kota Tuban yang Diguncang Gempa 6,6 M Hari Ini

Tuban diguncang gempa.
Tuban diguncang gempa.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Wilayah Tuban, Jawa Timur diguncang gempa berkekuatan magnitude (M) 6,6, Jumat (14/4/2023) pukul 16.55 WIB. BMKG mengumumkan jika gempa yang terasa hingga Jakarta tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa berada di 68 kilometer barat laut Kota Tuban dengan kedalaman 632 kilometer. Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG, Jumat (14/4/2023).

Bicara Tuban, kota tersebut punya cerita legenda yang menyelimutinya. Ada beberapa versi tentang asal usul Kota Tuban. Pertama Tuban berasal dari lakuran watu tiban atau batu yang jatuh dari langit. Batu tersebut dipercaya sebagai batu pusaka yang dibawa sepasang burung dari Majapahit menuju Demak. Ketika sampai di atas Kota Tuban, batu tersebut jatuh dan dinamakan Tuban. Saat ini wujud batu yang dipercaya sebagai watu tiban masih ada dan dalam kondisi yang relatif utuh. Batu tersebut disimpan di Museum Kambang Putih, Tiban.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

BACA JUGA: Link Download GB WhatsApp untuk Instal di HP Android, Bonus 30 Fitur Keren

Versi kedua asal usul Tuban adalah berupa lakuran dari metu banyu berarti keluar air, yaitu peristiwa ketika Raden Dandang Wacana (Kyai Gede Papringan) atau Bupati Tuban yang pertama membuka hutan Papringan. Peristiwa aneh terjadi saat pembukaan hutan, yakni keluarnya air yang sangat deras.

Keluarnya air tersebut berkaitan dengan adanya sumur tua yang dangkal tetapi airnya melimpah. Menariknya, air dari sumur tersebut rasanya tawar padahal posisinya dekat pantai. Sedangkan versi ketiga Tuban berasal dari kata "tuba" atau racun yang artinya sama dengan nama kecamatan di Tuban yaitu Kecamatan Jenu.

Sudah Ada Sejak Kerajaan Majapahit

Pemerintahan Kabupaten Tuban ada dari tahun 1293 atau sejak pemerintahan Kerajaan Majapahit. Pusat pemerintahannya dulu adalah di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding.

Kota Tuban yang sekarang dulu adalah sebuah pelabuhan. Wajar saja karena dulu Tuban merupakan memiliki armada Laut yang sangat kuat.

Asal nama Tuban sudah ada sejak pemerintahan Bupati Pertama yakni Raden Dandang Wacana. Namun, pencetusan tanggal hari jadi Tuban berdasarkan peringatan diangkatnya Raden Haryo Ronggolawe pada 12 November 1293. Tuban dulunya adalah tempat yang paling penting dalam masa Kerajaan Majapahit karena berfungsi sebagai pelabuhan dan portal utama.

.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
>
Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan