Humor Gus Dur: Kuli di Jeddah Berantem Pakai Bahasa Arab, Dikira Jamaah Indonesia Sedang Berdoa

Humor  
KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur heran ketika para jamaah haji asal Tegal mengucapkan kata Aamiin saat para kuli panggul di Jeddah bertegkar menggunakan bahasa Arab. Foto: IST.
KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur heran ketika para jamaah haji asal Tegal mengucapkan kata Aamiin saat para kuli panggul di Jeddah bertegkar menggunakan bahasa Arab. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah melakukan ibadah haji dengan rombongan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) dari Tegal. Saat tiba di bandara King Abdul Azis, ada sejumlah kuli pengangkut barang yang berebut membawakan barang-barang bawaan Gus Dur.

Kemudian terjadi cekcok antara kuli-kuli panggul tersebut. Mereka berdebat memakai bahasa Arab.

BACA JUGA: Rendang Nasi Padang Makanan Terenak Nomor Satu di Dunia, Yakin Mau Diharamkan?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seperti dinukil dari buku "Gus Dur Menertawakan NU" Melihat dan mendengar perdebatan para kuli, jamaah asal Tegal langsung mengerumuni para kuli tersebut. "Aamiin... Aamiin... Aamiinn," kata para jamaah asal Tegal setiap kali mendengar kuli-kuli panggul tersebut berbicara.

Gus Dur yang melihat kelakuan para jamaah itu heran dan langsung mendatangani mereka. "Lho mengapa kalian malah berkerumun di sini? Sudah tahu itu orang sedang berebut barang bawaan dan bahkan bertengkar!" kata Gus Dur.

BACA JUGA: Densus 88 Tembak Mati dr Sunardi karena Melawan, Netizen: Beliau Stroke, Jalan Aja Dibantu Tongkat

Seorang jamaah menjawab, "Mereka terlihat fasih berdoa, apalagi mereka menggunakan sorban, pasti mereka semua adalah orang alim. Makanya kami ikut amini saja doa-doa mereka, Gus."

JANGAN LEWATKAN TULISAN MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jauh-Jauh ke Eropa Makannya Rendang Nasi Padang, Kapan Spagetinya?
> Perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang yang Diboikot dan Diharamkan
> Setelah Wayang, Kini Nasi Padang yang Diharamkan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di KURUSETRA dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image