Sejarah

Benarkah Yaman Negeri Kadrun dan Imigrannya Datang untuk Rusak Indonesia?


Di Palembang sejumlah saudagar Arab juga memiliki kapal yang mengangkut barang-barang antar pulau. Di Singapura keluarga Aljuneid dan Alsagoff memiliki kapal untuk memberangkatkan jamaah haji, termasuk dari Indonesia.

Pada abad ke-19 sebagian distribusi barang-barang di kota Batavia dikuasai orang Cina, Arab, dan India. Sebagian orang Arab terlibat dakam produksi dan penjualan batik, sehingga pada permulaan abad itu orang Arab merupakan orang terkaya setelah orang Eropa di Batavia. Demikian menurut Edrus Al-Masyhoer dalam buku Jamiat Kheir Sejarah dan Perkembangannya.

BACA JUGA: Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Orientalis Belanda, Van den Berg, mengatakan sesungguhnya pengaruh yang besar dalam penyebaran Islam di Indonesia adalah dari keturunan Arab. Di tangan mereka, demikian Van den Berg, tersebarlah Islam di antara para raja Hindu di Jawa dan yang lainnya. Maksud orientalis Belanda ini adalah Wali Sembilan yang datang ke Indonesia lebih awal untuk menyiarkan Islam.

 

Keturunan Hadramaut juga berjasa mendirikan madrasah pertama di Batavia, Jamiatul Kheir, berdiri di Pekojan — Kampung Arab — pada 1901. Beberapa di antara mereka juga menjadi guru para ulama besar Betawi seperti Habib Ali bin Abdurahman Alhabsji (Kwitang), dan Habib Ali bin Husin Alatas (Bungur – Jakarta Pusat).

BACA JUGA: Apa Kira-Kira Pendapat Gus Dur Soal LGBT

Aktivitas dakwah dan pengajian agama oleh ulama-ulama Betawi asal Hadramaut itu sudah ada sejak abad ke-18. Di antara mereka yang terlibat aktif dalam aktivitas itu ialah Habib Husein bin Abubakar Alaydrus di Luar Batang. Meskipun sudah dua setengah abad meninggal, makamnya yang terletak di samping masjid yang dibangunnya masih didatangi ribuan pelayat, terutama pada malam Jumat.

Berita Terkait

Image

Kereta Nyebur ke Sawah karena Tubruk Kerbau di Ancol, Ulah Si Manis?

Image

Shalat di Masjid Istiqlal, Mabuk di Restoran Bioskop Capitol

Image

VIDEO: Anies Baswedan Sindir Nyanyian Giring Ganesha PSI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seperti Cinta, Kisah Sejarah Juga Perlu Diceritakan