Orang Muhammadiyah Dianggap Kurang Bercanda, Abdul Mu'ti Luncurkan Buku Humor

Wisata  
Buku Guyon Maton
Buku Guyon Maton

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Di mata masyarakat, khususnya umat Islam di Indonesia, warga Muhammadiyah dinilai kurang bisa diajak bercanda. Orang Muhammadiyah dianggap kurang ngopi, cangkrukan dan nongkrong karena terlalu sibuk dengan urusan-urusan administratif yang terkesan kaku.

Menjadi lucu di Muhammadiyah seakan sebuah anomali, karena itu kaum lucu di Muhammadiyah bisa dikatakan sebagai kelompok minoritas. Alasannya apalagi kalauy bukan jarang sekali ceramah pimpinan, ustadz dan tokoh Muhammadiyah mengandung lelucon.

BACA JUGA: Kampung-Kampung Batavia Hilang: Dari Pasar Ikan, Glodok, Sampai Palmerah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun ada pengecualian bagi Prof Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Meski bergelar profesor dan berada di pucuk PP Muhammadiyah sebagai orang kedua setelah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Abdul Mu’ti atau Mas Mu’ti ini setiap ceramah pasti ada ‘gerrr’-nya.

Guyonan Mas Mu’ti itu selalu dinanti jamaah di berbagai daerah di tanah air. Karena itu, melalui Penerbit IBTimes.ID/PT. Litera Cahaya Bangsa bekerjasama dengan Sekretariat Kantor PP Muhammadiyah Jakarta menerbitkan buku “Guyon Maton: Lucu Bermutu Ala Muhammadiyin”.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Versi Terbaru Update September 2022: Mudah, Cepat, dan Aman

Azaki Khoirudin, Founder IBTime mengatakan, Abdul Mu'ti adalah sosok akademisi, seorang guru besar yang mengajar di kampus, dan biasa di forum-forum ilmiah seperti seminar atau kuliah umum. "Ia juga seorang mubaligh, penceramah ulung di masyarakat perkotaan maupun pedesaan," kata dia seperti dinukil dari Muhammadiyah.or.id.

Azaki menuturkan, materi-materi ceramah yang berat dan cenderung serius sebagaimana yang terjadi di pengajian-pengajian Muhammadiyah, oleh Mas Mu’ti dibawakan dengan renyah dan humor yang spontan. “Menariknya, ia juga seorang penulis buku, artikel populer di media massa. Semua peran tersebut dimainkan oleh “Bapak Muhammadiyah Garis Lucu” dengan gaya yang renyah dan humor yang spontan. Hal itulah yang membuat Bapak MGL ini selalu dinanti jamaah di berbagai daerah di tanah air,” imbuhnya.

BACA JUGA: Download Lagu MP3 dari Video YouTube Pakai MP3 Juice: Mudah, Cepat, Aman, dan Gratis Sepuasnya

Buku yang berisi 54 cerita-cerita lucu yang pernah disampaikan Prof Abdul Mu’ti di berbagai kesempatan ceramah ilmiah, pengajian dan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Angka 54 ini istimewa, karena disesuaikan dengan usia Abdul Mu’ti yang pada 2022 berusia 54 tahun.

Rencananya buku ini akan dilaunching pada, Jumat 9 September 2022 di Aula PP Muhammadiyah Jakarta, Jl Menteng Raya No. 62 Jakarta. Direncanakan hadir pada acara itu, Prof. Muhadjir Effendy, Hadjriyanto Y. Thohari, Komika Yusril Ihza Fahriza, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang direncanakan hadir.

BACA JUGA: Mengapa Orang Muhammadiyah tidak Mudah Tertipu Dukun?

.

TONTON VIDEO PILIHAN:

.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:
> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Berita Terkait

Image

Gara-Gara Pak AR Jadi Imam Sholat Tarawih, Ratusan Orang NU Jadi Warga Muhammadiyah dalam Semalam

Image

Humor Gus Dur: Perbedaan Muhammadiyah-NU, Muhammadiyah Ajarannya Merujuk ke Rasulullah, NU Ya Sama

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image