Humor Gus Dur: Presiden Israel Tertawa Topi Yahudi Disebut BH yang Dibelah Dua

Humor  
Presiden ke-9 Israel, Shimon Peres dan Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat bertemu Shimon Peres, Gus Dur menyebut topi yang dipakai umat Yahudi adalah BH yang dibelah dua. Foto: IST.
Presiden ke-9 Israel, Shimon Peres dan Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat bertemu Shimon Peres, Gus Dur menyebut topi yang dipakai umat Yahudi adalah BH yang dibelah dua. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Selama menjabat sebagai Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid dikenal sebagai presiden yang kerap melemparkan candaan kepada para pemimpin dunia. Mulai dari presiden AS, hingga raja Arab Saudi. Suatu kali Gus Dur melempartkan sindiran berbalut humor kepada Presiden Israel, Shimon Peres soal Yahudi yang terbuat dari BH perempuan yang dibelah dua.

Dalam pertemuan dengan Peres, Gus Dur mengatakan jika Israel bakal untung berlipat-lipat hanya dengan membeli BH perempuan. “Pak Peres, negeri Anda akan kaya raya jika mau mengimpor kutang dari Prancis,” kata Gus Dur kepada Shimon Peres seperti dinukil dari buku Ulama Bercanda, Santri Tertawa miliki Hamzah Sahal.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Mengapa, Pak Gus?” tanya Peres penasaran.

“Imporlah kutang dari Prancis. Sesampai di Israel, kutang itu dipotong jadi dua,” kata Gus Dur menjelaskan.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Ormas Gak Jadi Bubarkan Pengajian Gus Dur karena Takut Kualat

Peres makin dibuat penasaran. “Nah, setelah dipotong jadi dua, baru dijual. Kutang yang aslinya hanya bisa dipakai satu orang, di Israel bisa dipakai dua orang, asal dipotong dulu. Dan itu artinya bisa mendatangkan untung lipat dua. Jangan lupa, tali-tali pengikatnya dibuang dulu,” jelas Gus Dur.

“Mana bisa kutang dipotong jadi dua dan mendatangkan untung berlipat?” tanya Peres. Rasa penasarannya makin menjadi-jadi.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Watak Petruk Berubah Ketika Jadi Raja, Kalau Gus Dur Pusing Jadi Presiden

“Bisa. Kalau sudah jadi dua, namanya bukan kutang lagi. Kalian bisa memakai kutang sebagai topi untuk pergi ke Tembok Ratapan,” tutur Gus Dur, enteng.

"Hahahaha... Hahahahaha.... Hahahaha...” kali ini Peres paham, dan langsung tertawa terpingkal-pingkal.

BACA JUGA: Israel Tertipu Strategi Gus Dur Soal Hubungan Diplomatik dengan Israel-Indonesia

Topi Yahudi bernama Kipah. Bentuknya bulat dan diipakai di atas ubun-ubun, agak ke bawah sedikit. Topi ini sering kali digunakan umat Yahudi atau pun pengunjung Tembok Ratapan.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
>
Humor Gus Dur: Sprinter Suriah Dapat Medali Emas Olimpiade karena Bayangin Dikejar Tentara Israel
> Jokowi Ingin Bangun IKN, Jadi Teringat Jonggol, Desa yang Gagal Jadi Ibu Kota
>
Kenapa Belanda Banyak Membangun Istana dan Villa di Bogor?
> Riwayat Kampung Akuarium yang Tanahnya Dibawa Anies ke IKN
> Restoran Nasi Padang Ada Sejak Zaman Belanda, Kok Baru Sekarang Diharamkan

TONTON VIDEO PILIHAN UNTUK ANDA:

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image