Gus Baha: Jamaah Haji Indonesia Terbaik di Dunia, Setan Saja Dibuat Jengkel

News  
Gus Baha. Jamaah haji Indonesia dinilai Gus Baha sebagai yang terbaik di dunia, karena semua rukun-rukunnya dilaksanakan dengan benar hingga setan pun dibuat jengkel. Foto: IST.
Gus Baha. Jamaah haji Indonesia dinilai Gus Baha sebagai yang terbaik di dunia, karena semua rukun-rukunnya dilaksanakan dengan benar hingga setan pun dibuat jengkel. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Saban musim haji, cerita-cerita tentang jamaah haji Indonesia bertebaran. Sudah dari generasi ke generasi, jamaah haji Indonesia disebut sebagai jamaah yang paling tertib dan sopan. Bahkan, menurut ulama karismatik Gus Baha, jamaah haji Indonesia adalah yang terbaik dunia, hingga setan saja dibuat jengkel.

Gus Baha menjelaskan, jamaah haji Indonesia ketika sholatnya hingga tawaf semuanya benar karena sudah terlatih selama manasik yang memakan waktu enam bulan. "Orang paling bodoh sekalipun bakal jadi pintar. Itu dari Kemenag ada yang mengajari, KBIH juga mengajari. Kiyai atau guru kultural juga ikut menjelaskan. Sampai cara melempari setan pun diajari," kata Gus Baha seperti dalam ceramahnya.

BACA JUGA: Download GB WhatsApp (GB WA) Paling Baru: Banyak Fitur Menarik, Resmi dan Anti-banned

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Misalnya, kata dia, cara melempar setan itu harus kena A-Marma. Nanti di situ ada tugu, itu harus kena. Batunya (untuk melempar) jumlahnya sekian. Dijelaskan secara detail dan kemudian dipraktikkan.

"Lemparan pertama di Jamroh Al-Ula, benar semua. Kalau kamu tahu jamaah haji lain, sandal pun dilempar dan jam dilempar. Kalau jamaah Haji Indonesia jelas, syarat kesekian yang dilempar harus berupa batu. Maka tidak boleh pakai sandal apalagi pakai dollar. Kalau setan dilempari dollar kesenangan dia," kata Gus Baha.

BACA JUGA: Gus Baha: Sampai Kiamat PPB tidak Bisa Damaikan Palestina-Israel, Ini Alasannya

Selain itu jamaah haji Indonesia juga sudah diajarkan makruh hukumnya melempar batu yang pernah dipakai. Lalu ada keterangan lagi, melempar dengan batu apa saja sah, tetapi yang terbaik adalah batu yang ada di Mazdalifah.

"Semua itu diterangkan detail. Jamaah haji Indonesia dikenal unik karena punya usaha (alternatif) lain saat menjalankan ritual Hajinya. Yaitu doa yang dikalungkan, barangkali tidak hafal. Jamaah haji selalu membawa buku saku berisi panduan Haji tersebut. Jadi setan menggoda "mudah-mudahan lupa". Gimana mau lupa, jamaah Haji Indonesia bawa cadangan (buku panduan). Pokoknya setan dibuat pusing dan jengkel kalau menghadapi jamaah Haji dari Indonesia."

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

> Humor Gus Dur: Bertemu PM Mesir Juru Catat Bingung, Apa yang Dicatat Gus Dur Hanya Cerita Lucu

> Humor Gus Dur: Dikritik Tangannya Dicium Ibu-Ibu Pengajian, Dijawab Gak Mungkin Saya Nikahi Semua

> Humor Gus Dur: Cak Nun Batal Temani Soeharto Tobat Gara-Gara Dikerjain Gus Dur

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image